Pages

Metode Eksperimen Fisika


A. Pengertian
Metode Eksperimen Fisika berisi bahasan-bahasan mengenai Pengertian Eksperimen Fisika, pengamatan dan pengukuran besaran-besaran Fisika, pembakuan alat ukur. , Selanjutnya dibahas mengenai permasalahan data yang berupa pengukuran dan penetapan hasil ukurnya yang disertai ketakpastian hasil pengukuran dengan bahasan-bahasan yaitu pengertian dan jenis ralat, ralat pengukuran tunggal dan berulang, perambatan ralat, pengolahan data, dan Data fitting pada garis lurus. Untuk memperkaya wawasan diperkenalkan juga penggunaan software Microcal Origin 5, pengenalan penulisan ilmiah serta pengenalan beberapa metode dan peralatan.
B. Manfaat
Materi ini mempunyai hubungan yang sangat penting dengan kegiatan eksperimen fisika. Sebagaimana diketahui dalam kegiatan eksperimen fisika maka seseorang harus melakukan pengukuran, memperoleh hasil ukur dengan tepat, melakukan pengolahan data hasil ukur tersebut dan kemudian melakukan interpretasi data sesuai dengan system fisis yang dikaji. Hal-hal itulah yang dipelajari dan menjadi manfaat mata kuliah ini. Ilmu Fisika: lmu yang mempelajari gejala alam,baik mikroskopis maupun makroskopis.
C. Tujuan :
Memberikan penjelasan mengenai gejala alam yang dinyatakan dalam suatu formulasi Matematik bersifat kuantitatif (terukur)
Eksperimen  Percobaan
  1. Memberi perlakuan terhadap sistem (fisis)
  2. Semaksimal mungkin dilakukan tanpa menganggu sistem (atau istilah umumnya adalah non destructive methods)
Besaran fisika memiliki sifat:
1. Dapat diukur dengan Hasil = Besaran+ Satuan
2. Tidak dipengaruhi oleh pengukurnya (orang maupun alat)

0 komentar:

Poskan Komentar

Contact Form

Powered byEMF Forms Online
Report Abuse